4 Makanan Penyebab Kanker yang Perlu Dihindari
4 Makanan Penyebab Kanker yang Perlu Dihindari

4 Makanan Penyebab Kanker yang Perlu Dihindari

jeffperryforcongress.com4 Makanan Penyebab Kanker yang Perlu Dihindari. Pasalnya kanker merupakan penyakit yang paling berbahaya yang disebabkan oleh sel yang telah mengalami perubahan sifat genetik.

Perubahan sel ini dipicu oleh perubahan tidak terkendali pada sel-sel normal dalam tubuh, yang kemudian dinamakan dengan sel kanker.

Dan salah satu faktor pemicu kanker yang harus diperhatikan yaitu pola makan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian makanan memiliki risiko tinggi untuk memicu perkembangan sel kanker.

Berikut ini sejumlah bahan makanan pemicu kanker yang perlu kamu hindari, terutama bagi kalian yang mempunyai faktor genetik dan riwayat keluarga.

1. Daging Olahan

Daging olahan adalah bahan makanan pemicu kanker. Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) telah mengklasifikasikan daging olahan sebagai karsinogen golongan I (zat yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker).

Selain itu, para ahli dari 10 negara juga menemukan bahwa mengonsumsi satu sosis (sekitar 50 gram) setiap hari bisa meningkatkan risiko kanker sebesar 18%. Selain itu, daging merah dan daging olahan juga mengandung lemak tinggi yang buruk bagi kesehatan jantung dan pencernaan.

2. Gula dan Karbohidrat Olahan

Makanan manis dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan risiko kanker secara tidak langsung. Beberapa bahan makanan ini di antaranya yaitu Pasta putih, roti putih, nasi putih dan sereal manis.

Mengonsumsi gula dan karbohidrat dalam konsentrasi tinggi bisa meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan obesitas. Menurut studi, diabetes tipe 2 bisa meningkatkan risiko kanker payudara, ovarium, dan kanker rahim.

Baca Juga :

3. Alkohol

Selain daging olahan, alkohol juga merupakan bahan makanan pemicu kanker kedua yang paling berisiko meningkatkan pertumbuhan sel kanker.

Jenis kanker yang sering dikaitkan dengan konsumsi alkohol berlebih yaitu kanker mulut, kerongkongan, tenggorokan, payudara, hati, lambung, dan usus.

4. Bahan Makanan Kaleng

Sebuah studi menunjukkan jika kaleng yang digunakan pada makanan kalengan dilapisi dengan bisphenol-a (BPA), maka bahan kimia yang diketahui memiliki hubungan dengan kanker payudara.

BPA adalah senyawa yang digunakan di dalam kemasan seperti lapisan kaleng untuk mencegah korosi, kerusakan, dan juga mengawetkan makanan di dalamnya. Maka dari itu, kita harus menghindarinya.

Gallery for 4 Makanan Penyebab Kanker yang Perlu Dihindari

Leave a Reply

Your email address will not be published.