5 Manfaat Labu Kuning yang Bisa Anda Peroleh
5 Manfaat Labu Kuning yang Bisa Anda Peroleh

5 Manfaat Labu Kuning yang Bisa Anda Peroleh

jeffperryforcongress.com – Hallo sobat jeffor apa kabar? Berjumpa kembali bersama admin yang dimana pada kesempatan kali ini, admin akan membahas tentang 5 Manfaat Labu Kuning yang Bisa Anda Peroleh.

Labu kuning (Cucurbita moschata) merupakan salah satu jenis buah yang sering kali dikonsumsi sebagai campuran kolak, kue, sup, dan puding. Selain itu, buah ini juga bisa diolah dengan cara dikukus, ditumis, hingga dipanggang atau dibakar.

Tak hanya dagingnya, biji labu kuning juga dapat diolah menjadi camilan sehat yang bernilai gizi tinggi. Dalam seporsi labu kuning atau setara sekitar 250 gram, terkandung 50 kalori dan beragam nutrisi lainnya.

Selain itu, Labu kuning juga mengandung vitamin B, vitamin K, folat, serta beragam antioksidan, seperti antosianin, lutein, kolin, dan karoten. Berkat kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, labu baik dikonsumsi oleh siapa pun, baik anak-anak, orang dewasa, dan ibu hamil.

Sederet Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan

Beragam nutrisi yang terkandung di dalam labu kuning, menjadikan buah ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah berbagai manfaat labu kuning yang perlu kalian ketahui:

1. Melancarkan pencernaan

Labu kuning mempunyai kandungan serat dan air yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk melembutkan tinja dan melancarkan pencernaan. Hal ini juga menjadikan labu kuning baik untuk mencegah dan menangani sembelit.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin A dan antioksidan yang terkandung pada labu kuning juga bermanfaat untuk menjaga sistem imun, sehingga tubuh lebih kuat melawan kuman dan virus penyebab penyakit. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah labu juga dapat mempercepat pemulihan saat Anda terkena flu.

3. Menurunkan berat badan

Labu kuning adalah sumber serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, labu kuning juga tergolong rendah kalori dan tidak berlemak. Berkat kandungannya tersebut, labu kuning baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet atau ingin menjaga berat badan agar tetap ideal.

Baca Juga :

4. Menekan risiko terkena kanker

Manfaat lainnya dari labu kuning yaitu mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan beta karoten yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kandungan nutrisi tersebut menjadikan labu kuning sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk mencegah penyakit kanker.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Jika diantara kalian ada yang memiliki gangguan sulit tidur, cobalah untuk mengonsumsi biji labu kuning sebelum tidur. Biji labu kuning merupakan sumber alami triptofan, yaitu salah satu jenis asam amino, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai 5 Manfaat Labu Kuning yang Bisa Anda Peroleh yang dapat admin bagikan informasinya kepada sobat semua. Semoga dapat bermanfaat sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.