Belajar Analisa Fundamental Sebelum Membeli Saham
Belajar Analisa Fundamental Sebelum Membeli Saham

Belajar Analisa Fundamental Sebelum Membeli Saham

Jeffperryforcongress.com – Menganalisis saham membantu investor menemukan peluang investasi terbaik. Dengan menggunakan metode analisis ketika meneliti saham, kita dapat mencoba untuk menemukan perdagangan saham untuk diskon untuk nilai sebenarnya.

Ini dapat menempatkan Anda pada posisi yang bagus untuk menangkap pengembalian yang mengalahkan pasar di masa depan.

Ketika datang untuk menganalisis saham, ada dua cara dasar yang dapat Anda lakukan: analisis fundamental dan analisis teknis.

Analisis Fundamental didasarkan pada asumsi bahwa harga saham tidak selalu mencerminkan nilai intrinsik dari bisnis yang mendasarinya.

Ini adalah alat utama yang digunakan investor nilai untuk mencoba menemukan peluang investasi terbaik.

Analis Fundamental menggunakan metrik penilaian dan informasi lainnya untuk menentukan apakah suatu saham memiliki harga yang menarik.

Analisis Fundamental dirancang untuk investor yang mencari pengembalian jangka panjang yang sangat baik.

Analisis teknis umumnya mengasumsikan bahwa harga saham mencerminkan semua informasi yang tersedia dan bahwa harga umumnya bergerak sesuai dengan tren.

Dengan kata lain, dengan menganalisis riwayat harga saham, Anda mungkin dapat memprediksi perilaku harga di masa depan.

Jika Anda pernah melihat seseorang mencoba mengidentifikasi pola dalam grafik saham atau mendiskusikan rata-rata bergerak, itu adalah bentuk analisis teknis.

Satu perbedaan penting adalah bahwa analisis fundamental dimaksudkan untuk menemukan peluang investasi jangka panjang. Analisis teknis biasanya berfokus pada fluktuasi harga jangka pendek.

Kami di Motley Fool umumnya adalah pendukung analisis fundamental. Dengan berfokus pada perdagangan bisnis besar dengan harga yang wajar, kami percaya investor dapat mengalahkan pasar dari waktu ke waktu.

Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat empat metrik yang paling penting dan mudah dipahami yang harus dimiliki setiap investor dalam perangkat analitik mereka untuk memahami laporan keuangan perusahaan:

Rasio harga terhadap pendapatan (P / E): perusahaan melaporkan keuntungan mereka kepada pemegang saham sebagai laba per saham, atau disingkat EPS.

Rasio harga terhadap pendapatan, atau rasio P/E, adalah harga saham perusahaan dibagi dengan pendapatan per saham tahunannya.

Misalnya, jika saham diperdagangkan seharga $ 30 dan pendapatan perusahaan adalah $2 per saham selama setahun terakhir, kami akan mengatakan itu diperdagangkan untuk rasio P/E 15, atau “15 kali laba.

“Ini adalah metrik penilaian yang paling umum dalam analisis fundamental dan berguna untuk membandingkan perusahaan di industri yang sama dengan prospek pertumbuhan yang sama.

Rasio Price-to-earnings-growth (PEG): perusahaan yang berbeda tumbuh pada tingkat yang berbeda. Rasio PEG mengambil Rasio P / E saham dan membaginya dengan tingkat pertumbuhan pendapatan tahunan yang diharapkan selama beberapa tahun ke depan untuk menyamakan kedudukan.

Misalnya, saham dengan rasio P / E 20 dan 10% pertumbuhan pendapatan yang diharapkan selama lima tahun ke depan akan memiliki rasio PEG 2.

Idenya adalah bahwa perusahaan yang tumbuh cepat bisa “lebih murah” daripada yang tumbuh lebih lambat.

Rasio harga-ke-buku (P/B): nilai buku perusahaan adalah nilai bersih dari semua asetnya. Pikirkan nilai buku sebagai jumlah uang yang secara teoritis dimiliki perusahaan jika menutup bisnisnya dan menjual semua yang dimilikinya.

Rasio price-to-book, atau P/B, adalah perbandingan harga saham perusahaan dan nilai bukunya.

Rasio utang terhadap EBITDA: salah satu cara yang baik untuk mengukur kesehatan keuangan adalah dengan melihat utang perusahaan.

Ada beberapa metrik utang, tetapi rasio utang terhadap EBITDA bagus untuk dipelajari pemula. Anda dapat menemukan total hutang perusahaan di neraca, dan Anda akan menemukan EBITDA (laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi) pada laporan pendapatannya.

Kemudian putar dua angka menjadi rasio. Rasio utang terhadap EBITDA yang tinggi bisa menjadi tanda investasi berisiko tinggi, terutama selama resesi dan masa-masa sulit lainnya.

Ini mungkin langkah paling penting dalam proses analitis. Sementara semua orang menyukai tawaran yang bagus, ada lebih banyak penelitian dan analisis saham daripada hanya melihat metrik penilaian.

Jauh lebih penting untuk berinvestasi dalam bisnis yang baik daripada saham murah. Dengan mengingat hal itu, berikut adalah tiga komponen penting lainnya dari analisis saham yang harus anda perhatikan:

Keunggulan kompetitif yang tahan lama: sebagai investor jangka panjang, kami ingin tahu bahwa perusahaan akan dapat mempertahankan (dan semoga meningkatkan) pangsa pasarnya dari waktu ke waktu. Jadi penting untuk

Mencoba mengidentifikasi keunggulan kompetitif yang tahan lama-juga dikenal sebagai parit ekonomi-dalam model bisnis perusahaan ketika menganalisis saham potensial. Ini bisa datang dalam beberapa bentuk.

Misalnya, nama merek tepercaya dapat memberikan kekuatan harga perusahaan. Paten dapat melindunginya dari pesaing. Jaringan distribusi yang besar dapat memberikan margin bersih yang lebih tinggi daripada pesaing.

Manajemen hebat: tidak masalah seberapa bagus produk perusahaan atau seberapa besar pertumbuhan yang terjadi dalam suatu industri jika orang yang salah membuat keputusan penting.

Idealnya, CEO dan eksekutif utama perusahaan lainnya akan memiliki pengalaman industri yang sukses dan luas serta kepentingan finansial yang selaras dengan kepentingan pemegang saham.

Tren industri: investor harus fokus pada industri yang memiliki prospek pertumbuhan jangka panjang yang menguntungkan.

Misalnya, selama dekade terakhir atau lebih, persentase penjualan ritel yang terjadi secara online telah tumbuh dari kurang dari 5% menjadi lebih dari 11% hari ini.

Jadi E-commerce adalah contoh industri dengan tren pertumbuhan yang menguntungkan. Komputasi awan, teknologi pembayaran, dan Perawatan Kesehatan adalah beberapa contoh industri lain yang kemungkinan akan tumbuh secara signifikan di tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.