Ketahui Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan Tubuh
Ketahui Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Ketahui Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

jeffperryforcongress.com – Tahukah kalian? Terdapat banyak sekali manfaat beras hitam yang penting untuk kesehatan tubuh, mulai dari mencegah berbagai penyakit kronis, memperkuat imunitas tubuh, hingga membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, manfaat beras hitam hadir berkat berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, seperti protein, serat, vitamin, dan mineral seperti zat besi. Disini kalian juga tidak perlu khawatir dengan warnanya yang hitam.

Warna ini disebabkan oleh kandungan antosianin yang bersifat sebagai antioksidan, antikanker, dan antiinflamasi yang membuat manfaat beras hitam semakin sayang untuk dilewatkan.

Berbagai Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

Berikut ini merupakan berbagai manfaat beras hitam yang bisa kalian dapatkan:

1. Melancarkan pencernaan

Beras hitam mempunyai kadar serat yang cukup tinggi. Makanan yang mengandung banyak serat dapat membantu mengatasi berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit. Karena asupan serat yang cukup setiap harinya dapat membuat buang air besar menjadi lancar, sehingga kesehatan usus besar dan tubuh secara menyeluruh juga terjaga.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan protein pada beras hitam lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih ataupun beras merah. Artinya, memakan beras hitam akan lebih mengenyangkan dan juga bisa mengurangi keinginan untuk makan makanan lain yang tidak menyehatkan.

Tidak hanya itu, dalam penelitian yang dilakukan selama 6 minggu, wanita dengan berat badan berlebih yang makan campuran nasi merah dan nasi hitam 3 kali sehari bisa mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh secara signifikan dibandingkan dengan yang memakan nasi putih.

Baca Juga :

3. Memperkuat imunitas tubuh

Manfaat beras hitam yang satu ini ada berkat kandungan vitamin E di dalamnya. Kandungan vitamin E diketahui bisa memperkuat sistem imunitas seseorang dengan memperbanyak dan meningkatkan kualitas sel imun.

Selain itu, Vitamin E juga bisa berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel atau proses penuaan dini akibat radikal bebas.

4. Mengurangi risiko terkena kanker

Kandungan antosianin dalam beras hitam membawa manfaat penting bagi tubuh, yaitu bisa membantu mengurangi risiko terkena kanker. Bahkan tidak hanya mengurangi risikonya saja, antosianin dalam beras hitam juga diduga bisa memberikan efek baik bagi penderita kanker.

Akhir Kata

Itulah informasi tentang Ketahui Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan Tubuh yang dapat admin sampaikan kepada kalian semua. Semoga informasoi diatas dapat bermanfaat sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.