Klub Sepakbola Terkaya di Dunia

5 Klub Sepakbola Terkaya di Dunia Saat Ini

Sepakbola bisa dibilang merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia saat ini, bagaimana tidak karena hampir setiap pertandingan klub-klub besar di dunia selalu bisa menyedot penonton hingga ratusan ribu ke dalam stadion, belum lagi mereka yang menonton via streaming atau televisi. Di berbagai situs berita online pun berita bola selalu mempunyai kolomnya sendiri tidak digabung dengan informasi berita olahraga lainnya.

Di antara banyak klub sepakbola yang ada di dunia saat ini, klub-klub yang berasal dari eropa seperti inggris, spanyol, italia, jerman dan lainnya merupakan klub yang paling populer dan kompetisinya pun paling banyak ditonton oleh para penggemar sepakbola. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang hampir semua pemain terbaik dunia bermain di eropa sehingga semua mata akan tertuju padanya.

Mendatangkan pemain terbaik untuk saat ini tidaklah mudah jika tidak didukung dengan kemampuan finansial klub yang mumpuni, dan pada artikel kali ini kita akan membahas tentang 5 klub sepakbola terkaya di dunia untuk saat ini yang banyak dihuni oleh pemain bintang dan memiliki segudang prestasi, berikut ini daftar lengkapnya :

1. Barcelona

Untuk klub sepakbola terkaya di dunia yang pertama adalah Barcelona, pada tahun 2020 ini Barcelona memiliki kekayaan sekitar 57 triliun rupiah dengan keuntungan yang diperoleh sekitar 12,8 triliun rupiah. Tentunya banyak sumber pendapatan yang mereka miliki, namun yang terbesar adalah berasal dari sponsor dan hak siar dari setiap pertandingan yang mereka lakoni.

2. Real Madrid

Klub terkaya berikutnya adalah rival abadi Barcelona di Spanyol yaitu Real Madrid, pada tahun ini mereka berhasil mendapatkan keuntungan sekitar 11,54 triliun rupiah. Jika dibandingkan tahun sebelumnya bisa dibilang mereka mengalami penurunan dan salah satu penyebabnya diindikasikan karena hengkangnya bintang utama mereka ke Juventus yaitu Cristiano Ronaldo.

3. Manchester United

Klub paling kaya berikutnya adalah Manchester United, pada tahun ini mereka berhasil memperoleh pendapatan sekitar 711,5 juta euro yang bersumber dari sponsor dan penjualan merchandise. Pemasukan lainnya adalah bersumber dari hak siar dan penjualan tiket pertandingan.

4. Bayern Munchen

Bayern Munchen yang berhasil memenangkan treble winner tahun ini tentu saya memperoleh pemasukan yang besar, sehingga tidak heran jika mereka masuk ke daftar klub terkaya di dunia. Pada tahun ini mereka memperoleh keuntungan sekitar 10,4 triliun rupiah yang bersumber dari sponsor, hak siar, penjualan tiket dan lainnya.

5. Paris Saint-Germain

Klub terkaya berikutnya adalah PSG, tidak heran memang jika mereka masuk kedalam daftar lima besar hal ini bisa dilihat dari sepak terjangnya dalam beberapa tahun terakhir ini dengan mendatangkan berbagai pemain bintang seperti neymar dan mbappe. Seiring dengan prestasi yang mereka peroleh setiap tahunnya, pendapatannya pun terus mengalami lonjakan dan pada tahun ini mereka memperoleh pendapatan sekitar 541,7 juta euro yang bersumber dari sponsor, hak siar, penjualan tiket dan merchandise serta lainnya.

Demikian tadi adalah daftar 5 klub sepakbola terkaya di dunia untuk saat ini, dengan kemampuan finansial yang baik kelima klub ini selalu berusaha mendatangkan para pemain terbaik di dunia, maka tidak heran jika berbagai prediksi bola selalu menjagokan mereka untuk memenangkan berbagai kompetisi dari mulai liga domestik hingga kejuaraan antar klub seperti liga champions. Daftar klub terkaya ini tidak mutlak karena setiap tahunnya tentu akan selalu berubah dan bukan tidak mungkin akan ada klub lain yang masuk ke dalam daftar lima besar tersebut.