manfaat bioteknologi untuk pertanian

Manfaat Bioteknologi Di Bidang Pertanian

Ketika pertama kali diperkenalkan, manfaat bioteknologi sebagian besar digunakan dalam pengobatan untuk meneliti dan menghasilkan produk farmasi dan diagnostik yang membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit. Namun, selama beberapa dekade terakhir, teknologi ini telah menemukan tempat di industri pertanian tidak seperti sebelumnya. Penelitian bertahun-tahun menunjukkan bahwa bioteknologi pertanian adalah teknologi yang aman dan bermanfaat yang berperan besar dalam mendorong keberlanjutan ekonomi dan lingkungan. Tanaman dan pangan hasil rekayasa genetika telah menjadi area fokus utama teknologi ini. Akan tetapi, bioteknologi agro masih menghasilkan berbagai produk lain yang menawarkan manfaat yang tak terhitung banyaknya kepada populasi global.

Manfaat Bioteknologi Di Bidang Pertanian

Berikut adalah beberapa manfaat Bioteknologi di bidang pertanian yang sangat penting, yakni:

  • Vaksin Dari Tanaman

Vaksin baru yang menerapkan inovasi bioteknologi hijau sedang mengubah proses pencegahan penyakit, terutama di negara berkembang.  Tanaman hasil rekayasa genetika telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan vaksin.  Makanan seperti buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran direkayasa untuk membawa protein antigenik yang diekstrak dari patogen.  Saat disuntikkan ke dalam tubuh, antigen ini memicu respons imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap patogen.

Contohnya adalah vaksin anti-limfoma yang diperoleh dari tembakau.  Tanaman tembakau direkayasa untuk membawa RNA dari sel B ganas.  Protein yang diekstraksi disuntikkan ke dalam tubuh, respons kekebalan dipicu yang menghancurkan sel-sel kanker. Ini merupakan salah satu manfaat Bioteknologi di Bidang pertanian yang sangat penting.

  • Reproduksi Tumbuhan dan Hewan

Penggunaan teknik tradisional seperti penyerbukan silang, okulasi, dan perkawinan silang untuk meningkatkan pola perilaku tumbuhan dan hewan memakan waktu.  Agro-bioteknologi telah memungkinkan untuk meningkatkan sifat tumbuhan dan hewan pada tingkat molekuler melalui ekspresi berlebihan atau penghilangan gen, atau pengenalan gen asing.

Inseminasi buatan, transfer embrio, dan teknologi terkait lainnya digunakan dalam mengelola fungsi reproduksi hewan dan mempengaruhi sifat keturunan yang dihasilkan.  Perbaikan ini telah meningkatkan produktivitas pertanian di negara berkembang dan meningkatkan kemampuan mereka untuk menopang populasi yang terus bertambah. Ini merupakan salah satu manfaat Bioteknologi di Bidang pertanian yang sangat penting.

  • Antibiotik Dari Tanaman
READ:  Jenis Pupuk Organik Terbaik Untuk Tanah dan Tanaman

Bioteknologi pertanian diterapkan dalam produksi antibiotik untuk manusia dan hewan. Antibiotik hewan yang diproduksi melalui teknologi ini berbiaya rendah tetapi sama efisiennya dengan antibiotik yang diproduksi secara tradisional. Karena antibiotik ini diperoleh dari tumbuhan, sejumlah besar produk dapat diperoleh dalam satu waktu. Selain itu, ada kemudahan dalam pemurnian dan risiko kontaminasi diminimalkan dibandingkan dengan penggunaan sel mamalia dan media kultur dalam produksi antibiotik. Ini merupakan salah satu manfaat Bioteknologi di Bidang pertanian yang sangat penting.

  •  Suplemen Dan Nutrisi

Dalam upaya untuk mempromosikan kesehatan manusia yang lebih baik secara global, para ilmuwan telah menemukan cara untuk membuat makanan yang dimodifikasi secara genetik dengan nutrisi yang dapat membantu melawan penyakit dan kelaparan. Contoh bagus dari makanan tersebut adalah beras emas yang mengandung beta karoten, sumber utama Vitamin A dalam tubuh.

Nama beras berasal dari warna bulir transgenik yang terbuat dari tiga gen: dua dari bakung dan satu dari bakteri. Gen-gen tersebut diklon untuk membuat nasi menjadi “emas”.  Orang yang makan nasi ini melengkapi makanan mereka dengan vitamin dan nutrisi lain yang mungkin tidak mereka dapatkan dari makanan lain. Ini merupakan salah satu manfaat Bioteknologi di Bidang pertanian yang sangat penting.

  •  Tanaman Tahan Pestisida

Di masa lalu, petani telah mengalami kerugian yang signifikan karena penggunaan pestisida yang mempengaruhi tanaman dan gulma. Bioteknologi telah mengarah pada rekayasa tanaman yang tahan terhadap pestisida.  Hal ini memungkinkan petani untuk membunuh gulma secara selektif tanpa merusak tanaman mereka.  Contoh terkenal adalah teknologi Roundup-Ready yang diperkenalkan oleh Monsato.

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada kacang kedelai yang dimodifikasi secara genetik, membuatnya tahan terhadap herbisida glifosat. Herbisida dapat digunakan dalam jumlah yang berlebihan untuk menghilangkan tanaman lain di lahan selain tanaman Roundup-Ready. Penghapusan gulma secara selektif menghemat waktu berharga petani dibandingkan dengan metode penyiangan tradisional. Ini merupakan salah satu manfaat Bioteknologi di Bidang pertanian yang sangat penting.

  •  Tanaman Tahan Hama
READ:  5 Jenis Tanaman Hias Paling Populer Saat Pandemi

Selama bertahun-tahun, mikroba yang dikenal sebagai Bacillus thuringiensis (Bt) telah digunakan untuk membersihkan tanaman dengan menghasilkan protein beracun melawan hama. Salah satu protein beracun yang digunakan untuk membersihkan tanaman adalah penggerek jagung Eropa. Para ilmuwan telah menemukan cara untuk menghilangkan penggunaan Bt dengan memperkenalkan tanaman tahan hama. Ini dikenal sebagai tanaman Bt karena gen yang diperkenalkan pada tanaman tersebut awalnya diidentifikasi di Bacillus thuringiensis. Contoh tanaman tahan hama saat ini adalah jagung Bt, kentang, dan jagung. Protein beracun ini hanya berbahaya bagi hama, tetapi aman bagi manusia. Ini telah menyelamatkan petani dari serangan hama yang parah pada tanaman. Ini merupakan salah satu manfaat Bioteknologi di Bidang pertanian yang sangat penting.

  • Bioteknologi Pada Bunga

Bioteknologi pertanian bukan hanya tentang mengembangkan obat-obatan dan makanan serta tanaman yang dimodifikasi secara genetik – tetapi juga memiliki beberapa aplikasi estetika.  Ilmuwan menggunakan pengenalan gen dan teknik transfer untuk memperbaiki warna, ukuran, bau, dan sifat lain dari bunga.  Teknologi tersebut juga telah digunakan untuk memperbaiki tanaman hias lain seperti semak dan pohon.  Beberapa teknik yang diterapkan serupa dengan yang digunakan pada tanaman.  Misalnya, konfrontasi warna tanaman tropis dapat ditingkatkan untuk memungkinkan pohon tumbuh subur di taman di wilayah utara. Ini merupakan salah satu manfaat Bioteknologi di Bidang pertanian yang sangat penting.

  • Bio-Fuels Dari Tanaman

Industri pertanian memainkan peran utama dalam produksi bahan bakar nabati sejauh bahan baku digunakan untuk fermentasi dan pemurnian minyak nabati, bioetanol, dan biodiesel.  Teknik rekayasa genetika dan optimisasi enzim digunakan untuk menghasilkan stok pakan berkualitas baik untuk konversi yang lebih efisien dan keluaran BTU yang lebih tinggi dari bahan bakar nabati yang dihasilkan.  Stok pakan berenergi tinggi dan hasil tinggi dapat mengurangi biaya relatif panen dan transportasi.  Hasilnya adalah produk bahan bakar nabati berkualitas tinggi. Ini merupakan salah satu manfaat Bioteknologi di Bidang pertanian yang sangat penting.

  •  Tanaman Tahan Cuaca
READ:  Jenis Pupuk Organik Terbaik Untuk Tanah dan Tanaman

Sebagian kecil dari bumi, sekitar 20 persen, adalah tanah subur.  Namun, para ilmuwan telah menemukan cara untuk memodifikasi tanaman yang dapat bertahan dalam kondisi seperti salinitas/asin, dingin, dan kekeringan.  Misalnya, deteksi gen pada tanaman yang bertugas mengambil natrium telah mengarah pada pengenalan tanaman yang dapat tumbuh subur di lingkungan bersalinitas tinggi.

Sebuah teknik yang dikenal sebagai pengaturan catatan naik atau turun digunakan untuk mempengaruhi ketahanan tanaman terhadap kekeringan.  Teknologi ini telah meningkatkan produksi pangan karena tanaman mampu beradaptasi dengan iklim yang tidak bersahabat dan lahan yang tidak subur. Ini merupakan salah satu manfaat Bioteknologi di Bidang pertanian yang sangat penting.

  •  Pembuatan Serat Daya

Serat terkuat yang dikenal manusia saat ini adalah sutra laba-laba.  Ini lebih kuat dari kevlar, yang digunakan untuk membuat rompi anti peluru dan memiliki kekuatan tarik lebih tinggi dari kekuatan.  Sebuah perusahaan Kanada, mengumumkan bahwa mereka telah merekayasa kambing transgenik yang dapat menghasilkan protein sutera laba-laba dalam susu mereka.

Untuk sementara, teknologi sepertinya akan menyelesaikan masalah.  Namun, itu disimpan ketika para ilmuwan tidak dapat menemukan cara untuk memutar protein menjadi serat.  Meskipun teknologinya telah dihentikan, teknologi ini pasti akan muncul lagi di masa depan karena permintaan yang tinggi untuk produk serupa. Ini merupakan salah satu manfaat Bioteknologi di Bidang pertanian yang sangat penting.

Demikianlah informasi tentang manfaat Bioteknologi di Bidang pertanian yang sangat penting. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda.

Gallery for Manfaat Bioteknologi Di Bidang Pertanian