Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan

jeffperryforcongress.com – Manfaat daun sirih cina dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan, tumbuhan yang sering dianggap gulma ini mampu meringankan gejala penyakit mulai dari yang ringan hingga berat.

Daun sirih cina atau ketumpang air tumbuh secara liar di pinggiran saluran air atau tembok, sehingga ini banyak membuat orang yang langsung mencabutnya karena dianggap merusak pemandangan dan menjadi sarang hama atau penyakit yang bisa menurunkan kauliatas pada tumbuhan lain.

Meskin daun satu ini sering dianggap sebagai gulma, daun sirih cina mengandung mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, tumbuhan ini juga sering di manfaatkan oleh orang Sulawasi Utara sebagai obat yang dapat menurunkan kolesterol.

Baca Juga :

Tidak hanya itu, daun sirih cina juga mengandung tanin, alkaloid, saponin, kalsium oksalat, polifenol, minyak atsiri, dan lemak. Daun ini juga diduga mempunyai efek farmakologis antiradang, analgesik, anti jamur, dan kemoterapi.

Salah satu tumbuhan yang berbentuk seperti hati ini mempunyai bunga berupa bulir dengan panjang antara 1-6cm. Di samping itu, sirih cina cenderung mudah dibudidayakan.

Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan

1. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol bisa menyebabkan penyakit jantung. Hal tersebut disebabkan kolestrol dapat memicu penyumbatan di pembuluh darah perifer yang mengurangi pasokan darah ke area jantung.

Nah, untuk itu manfaat daun sirih bagi kesehatan bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih cina dengan dosis yang tepat bisa membantu menurunkan kolesterol secara efektif.

2. Anti Jamur

Manfaat daun sirih cina berikutnya untuk kesehatan adalah mampu melawan pertumbuhan jamur penyebab berbagai penyakit. Manfaat ini tentu saja sangat berguna sekali untuk mereka yang sering mengalami masalah kulit yang disebabkan oleh jamur.

3. Gangguan Sistem Kemih

Manfaat daun sirih cina juga dapat mengatasi gangguan pada sistem kemih. Di beberapa negara Asia, khususnya Filipina, tanaman ini dijadikan teh herbal dan dikonsumsi sebagai obat penyakit kencing atau ginjal.

4. Obat Asam Urat

Daun siruh cina mampu mengurangi gelaja asam urat. Suatu penelitian yang dilakukan pada tikus, menunjukan penurunan kadar asam urat hingga 44%. Hal tersebut membuat daun sirih sangat cocok untuk dijadikan alternatif pengobatan asam urat.

Akhir Kata

Demikian informasi tentang Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan yang dapat admin sampaikan kepada kalian semua. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.